ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kebijakan kurikulum merdeka di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu library research (studi kepustakaan) dengan metode kualitatif. Sumber data sekunder berasal dari 33 artikel jurnal nasional. Metode pengumpulan data adalah metode dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan inferensi. Hasil beberapa peneliti menemukan bahwa kurikulum merdeka belajar sudah diimplementasikan di sekolah dasar (sekolah penggerak). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kebijakan kurikulum merdeka belajar sudah diimplementasikan meskipun memerlukan beberapa perbaikan dan pengembangan. Penelitian mengenai implementasi kurikulum merdeka belajar masih jarang ditemui, sehingga direkomendasikan untuk melakukan penelitian lebih lanjut terkait analisis implementasi kebijakan kurikulum merdeka belajar, baik pada jenjang sekolah maupun perguruan tinggi.
Kata Kunci: implementasi kebijakan; kurikulum merdeka; sekolah dasar
Pendahuluan
Salah satu penentu kualitas sumber daya manusia (SDM) dan pembangunan negara adalah pendidikan (Effendi, 2021; Siregar, 2017; Widiansyah et al., 2018). Pendidikan tidak bisa terlaksana tanpa adanya kurikulum. Kurikulum merupakan bagian integral dari proses pendidikan (Angga et al., 2022; Babaci-Wilhite, 2015; Egodawatte, 2014). Kurikulum, secara sederhana, adalah pedoman untuk penyelenggaraan pendidikan. Pasalnya, kurikulum merupakan dasar untuk melakukan proses pembelajaran di sekolah (Yusuf, 2015). Kurikulum tidak hanya sebagai bentuk dokumen, tetapi juga merupakan alat dan acuan bagi guru untuk melangsungkan proses pendidikan yang terbaik dalam mencapai tujuan pendidikan nasional. Ketika kurikulum dijadikan sebagai landasan yang kuat bagi penyelenggaraan pendidikan, tentunya menjadi pedoman pegangan para pendidik dari jenjang pendidikan dasar sampai ke jenjang pendidikan tinggi dalam menyelenggarakan pendidikannya (Fensham, 2016; Gedvilienė et al., 2018). Kurikulum sendiri merupakan seperangkat rencana pembelajaran yang menyangkut tujuan, bahan ajar, isi, dan metode yang menjadi pedoman dalam melakukan kegiatan pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan nasional
Implementsi Kurikulum Merdeka

Share :